Cara Membuat Virtual Tour untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna

View : 
764
Cara membuat virtual tour

Virtual tour merupakan salah satu cara marketing yang saat ini banyak digunakan. Salah satu alasannya adalah karena cara ini lebih mudah dan menarik.

Pada dasarnya, penggunaan virtual tour banyak digunakan untuk kebutuhan pariwisata, industri retail, kesehatan, game, dan beberapa industri lainnya. Teknologi ini akan memanfaatkan virtual reality dan juga augmented reality.

Lalu seperti apa arti dan bagaimana cara membuat virtual tour?

Apa itu Virtual Tour?

Virtual tour adalah tour yang dilakukan dengan memanfaatkan penggunaan teknologi sehingga akan dilakukan secara virtual. Tour ini akan dilakukan seperti biasa, namun pengguna tidak datang ke tempat secara langsung tetapi menggunakan aplikasi.

Aplikasi itulah yang nantinya akan digunakan pengunjung untuk menjelajahi sebuah tempat yang menjadi lokasi tour. Penggunaan cara ini sudah banyak ditemukan dalam berbagai macam industri.

Bagaimana Cara Membuat Virtual Tour?

Cara membuat layanan tour kekinian ini sekarang sudah semakin mudah karena ada banyak resources penunjangnya. Bahkan aplikasi yang bisa Anda gunakan pun sudah banyak tersedia. Berikut adalah cara membuat virtual tour yang bisa Anda lakukan:

A. Membuat Foto Panorama 360

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat virtual tour adalah mengambil dan mengumpulkan foto panorama 360. Foto 360 ini merupakan jenis foto dengan pengambilan gambar yang dilakukan secara berputar dan menghasilkan foto memanjang membentuk view tidak terputus.

Foto inilah yang nantinya akan dilihat oleh pengunjung tour ketika melakukan perjalanan tour. Pengambilan foto panorama ini juga sudah bisa menggunakan perangkat smartphone.

B. Menggunakan Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah memasukkan foto-foto tadi ke aplikasi. Dulu, aplikasi membuat layanan ini hanya tersedia yang berbasis desktop dengan format flash.

Saat ini, cara membuat virtual tour jauh lebih mudah, ada banyak tools dengan basis web yang bisa Anda gunakan. Hal ini membuat Anda bisa menghasilkan layanan ini sendiri dengan mudah hanya dengan berbekal smartphone.

C. Memasukkan Hasilnya ke Website

Langkah terakhir sebagai cara membuat virtual tour adalah memasukkan layanan tersebut ke website. Nantinya, pengunjung yang akan melakukan tour cukup dengan mengunjungi website tersebut.

Cara memasukkannya pun cukup mudah, aplikasi pembuat layanan ini akan menyediakan embed code yang tinggal Anda copy ke website. Nantinya, Anda tinggal paste code tersebut dalam source code embedder dalam website yang akan Anda gunakan.

Berapa Estimasi Biaya Membuat Virtual Tour

Selain banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk cara membuat virtual tour, saat ini juga sudah banyak penyedia jasa yang bisa membantu Anda untuk membuat hal ini.

Tentunya masing-masing penyedia jasa memiliki harga dan sistem kerja yang berbeda. Seperti Point Box Indonesia yang menyediakan Jasa Virtual Tour membantu dalam merancang, mengukur, memvisualisasikan serta mengelola aset perusahaan Anda ke dalam format tiga dimensional (3D) secara akurat, dan interaktif.

Point Box Indonesia juga menyediakan fitur kalkulator Paket Point Box sebagai estimasi harga jasa virtual tour untuk kebutuhan bisnis Anda. Tinggal check melalui fitur tersebut, Anda akan mendapatkan estimasi harga yang perlu Anda persiapkan, mulai dari Rp6000.000 hingga Rp8000.000 atau bahkan bisa lebih dan kurang.

Tertarik untuk Membuat Virtual Tour?

Membuat layanan tour seperti ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk Anda lakukan. Cara membuat virtual tour tersebut bisa Anda percayakan ke Point Box Indonesia. Point Box Indonesia merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin memvisualkan berbagai macam aset yang Anda punya dalam format 3D.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,