Panduan Praktis Cara Membuat Aplikasi Virtual Reality yang Memukau

View : 
1098
Cara membuat aplikasi virtual reality

Perkembangan teknologi membuat banyak sektor usaha harus ikut berkembang, bahkan perkembangan ini juga mempengaruhi para developer. Salah satu jenis perkembangan yang wajib mereka lakukan adalah mempelajari cara membuat aplikasi virtual reality untuk mengikuti zaman.

Sayangnya, mempelajari pembuatan aplikasi virtual reality tak semudah membuat aplikasi lain seperti aplikasi desktop maupun android. Ada berbagai tahapan yang jauh berbeda daripada membuat aplikasi lain secara umum. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat aplikasi VR, simak dan pelajari cara berikut ini!

Persiapan Membuat Aplikasi Virtual Reality

Sebelum mempelajari cara membuat aplikasi virtual reality, hal pertama yang harus Anda siapkan adalah menyediakan berbagai kebutuhan. Mulai dari software maupun hardware yang akan Anda gunakan. Berikut beberapa bahan pembelajaran yang harus Anda persiapkan:

1. Perangkat Komputer atau Laptop yang Mendukung

Dalam proses pembuatan aplikasi VR, Anda tak hanya memanfaatkan aplikasi developer, namun juga aplikasi editing. Maka dari itu, yang perlu Anda siapkan adalah komputer atau laptop yang mumpuni. Setidaknya perangkat harus mampu Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi dan rendering.

Karena itu, Anda perlu komputer dengan spek yang setidaknya sekelas perangkat untuk editing atau game. Karena dua fungsi tersebut biasanya membutuhkan perangkat yang mumpuni, secara CPU, Graphic card, maupun OS yang terinstal di dalamnya

2. Gear VR

Berikutnya ada Gear VR yang nantinya akan Anda gunakan untuk uji coba proses porting project ke dalamnya. Walaupun Anda bisa mencobanya menggunakan VR simulator untuk nantinya Anda gunakan untuk menjalankan Cardboard simulator.

3. Aplikasi Pembuatan Project 3D

Untuk dapat memahami cara membuat aplikasi virtual reality, Anda harus menyiapkan aplikasi yang dibutuhkan. Salah satunya adalah aplikasi pembuat project 3D. Contohnya seperti Unity, SketchUp, Blender, Vectary, Oculus, dan lain sebagainya.

Namun, untuk uji coba pertama Anda bisa mengunduh file 3D yang ingin Anda include ke dalam aplikasi. Hanya saja, untuk membuatnya lebih eksklusif Anda perlu membuat desain 3D sendiri. Sehingga totalitas tersebut bisa membawa perkembangan pada skill.

4. Aplikasi Builder Project Aplikasi VR

Setelah Anda menyiapkan beberapa bahan tersebut, hal yang tak kalah penting adalah menyiapkan builder aplikasi VR yang akan Anda gunakan. Aplikasi yang sering digunakan adalah aplikasi pembuat Android, seperti Android Studio, Cardboard, Ms. Visual Studio, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Kebutuhan Lain

Dalam pembuatan aplikasi VR, Anda juga harus menyiapkan berbagai kebutuhan pendukung. Seperti library, plugin, package, code script, dan lain sebagainya. Walaupun semuanya bisa Anda download secara spontan, namun menyiapkan seluruh bahan pembelajaran akan mempermudah proses.

Cara Membuat Aplikasi Virtual Reality

Dalam proses pembuatannya, Anda harus melalui beberapa tahapan. Mulai dari tahapan pembuatan desain hingga uji coba. Penasaran langkah apa saja yang harus Anda lalui? Simak penjelasan ini sampai habis:

A. Pembuatan Project 3D

Langkah paling awal sudah pasti membuat project 3D yang ingin Anda tampilkan pada aplikasi VR yang Anda buat. Proses pembuatan bisa menggunakan berbagai aplikasi yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Misalnya, Anda ingin menggunakan Unity. Maka, langkahnya akan seperti ini:

  • Pertama, buka aplikasi yang Anda gunakan, yaitu Unity. Buka file lalu pilih new project.
  • Beri nama file project sesuai keinginan. Lalu, simpan ke directory asset (pada aplikasi yang nanti akan Anda buat).
  • Setelah itu, mulai berkreasi membuat desain.
  • Anda juga bisa input project hasil download untuk membuat 3D lebih menarik.
  • Masukkan SDK Cardboard ke Project
  • Import plugin atau package tambahan (GoogleVRForUnity.unitypackage) untuk bisa mengubah tampilan kamera ke mode VR.
  • Lalu, tambahkan kode script pada object yang Anda buat. Script bisa bermacam-macam, sesuai kebutuhan pembuatan aplikasi tersebut. Anda bisa cari script lengkapnya di internet atau YouTube.

B. Buat Aplikasi VR

Cara membuat aplikasi virtual reality berikutnya adalah membuat project aplikasi VR pada software maker yang Anda install sebelumnya. Misalnya, Anda menggunakan aplikasi Android Studio, maka Anda bisa ikuti langkah ini:

  • Buka aplikasi yang Anda gunakan, lalu pilih file dan cari “New Project” untuk membuat project aplikasi baru.
  • Beri nama, lalu atur emulator atau target Android yang Anda inginkan.
  • Lanjutkan ke pemilihan tampilan dan proses pembuatan project baru. Tunggu hingga proses berhasil.
  • Setelah project berhasil dibuat, input library yang Anda siapkan. Detail library yang dibutuhkan akan tergantung tujuan aplikasi. Anda bisa mencari tutorial dan library lengkapnya di Google maupun YouTube sesuai aplikasi yang akan Anda buat.
  • Input hasil desain 3D yang ingin Anda input ke dalam aplikasi dalam folder asset yang dibuat otomatis oleh aplikasi.
  • Setelah itu, Anda tinggal buat aplikasi dengan mengotak atik script sesuai tujuan aplikasi. Karena beda tujuan akan berbeda script, Anda harus tahu apa tujuan pembuatan aplikasi lebih dulu. Lalu, Anda bisa cari tutorial editing script di Google atau YouTube.
  • Simpan dan jalankan simulasi pada emulator terlebih dahulu.

C. Porting Project dalam Gear VR

Setelah aplikasi berjalan dengan semestinya pada emulator VR yang Anda buat, kini saatnya Anda memasukkan aplikasi dalam Gear VR atau lebih dikenal dengan proses porting. Walaupun dalam emulator berjalan lancar, namun tergantung teknologi gear VR yang Anda miliki, bisa saja akan ada perubahan atau penyesuaian setting.

Untuk bisa melakukan proses porting, Anda harus tahu Device ID dari perangkat yang Anda gunakan. Anda bisa mencari dalam dus book maupun pada laman layanan penyedia VR. Lalu, Anda tinggal sambungkan aplikasi dengan Gear VR Anda untuk melakukan installing aplikasi yang berhasil Anda buat.

Jika punya akun app store yang bisa Anda gunakan untuk mengupload aplikasi, Anda bisa upload dan coba menginstal dari dalam gear VR secara langsung. Walaupun cara membuat aplikasi virtual reality dengan proses ini akan jauh lebih rumit, karena proses dan penyesuaian pengaturannya.

4. Lakukan Banyak Latihan dan Selesaikan Banyak Project

Agar skill membuat aplikasi VR Anda lebih jago, Anda harus mencoba membuat banyak jenis aplikasi. Dari berbagai masalah yang akan Anda temui, akan Anda berbagai solusi yang akan meningkatkan skill VR maker yang Anda pelajari.

Sudah Tahu Cara Membuat Aplikasi Virtual Reality?

Nah, itulah tadi persiapan dan rangkaian cara membuat aplikasi virtual reality yang bisa Anda coba. Jika tertarik mempromosikan bisnis dengan cara modern melalui bantuan VR. Maka, Anda bisa menggunakan jasa virtual tour seperti Point Box Indonesia. Point Box sudah terpercaya dalam memvisualisasikan aset dalam format 3D berkualitas terbaik.

Point Box telah membantu banyak klien dari berbagai negara dan kontinen seperti Australia, Amerika, Eropa, Asia Pasifik, dan Timur Tengah. Sekarang, Point Box telah hadir di Indonesia. Hubungi kontak Point Box untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,