Panduan Praktis! Cara Membuat Aplikasi Augmented Reality

View : 
743
Cara membuat aplikasi augmented reality

Cara membuat aplikasi augmented reality perlu Anda ketahui untuk memaksimalkan potensi bisnis di dunia digital. Tren teknologi ini kian menyebar dalam dunia bisnis. Terlebih lagi, kebutuhan konsumen yang menginginkan pengalaman menarik ketika hendak membeli produk.

Melalui aplikasi ini, produk bisnis yang Anda jual mempunyai wadah promosi tersendiri dengan tampilan yang menawan. Visual tiga dimensi yang ditawarkan membuat gambaran katalog produk jadi lebih real dan menarik di mata konsumen. Bagi Anda yang penasaran tentang teknologi digital ini dalam dunia bisnis, simak di sini!

Apa itu Aplikasi Augmented Reality?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara membuat aplikasi augmented reality, mari simak terlebih dahulu pengertian dari augmented reality. Augmented reality adalah sebuah tren teknologi yang memakai data informasi real time dalam bentuk objek virtual yang terintegrasi dengan benda atau objek di dunia nyata.

Teknologi ini pertama kali diperkenalkan oleh Ivan Sutherland pada sekitar tahun 1968. Di mana pada saat itu penggunaan perangkat AR ditempelkan pada kepala manusia untuk bisa melihat objek virtual secara nyata.

Seiring kemajuan zaman, teknologi ini juga mulai populer dan digunakan dalam dunia bisnis komersial.

Cara Membuat Aplikasi Augmented Reality

Untuk dapat mendalami teknologi digital seperti augmented reality, awalnya mungkin akan terlihat sulit. Namun, ketika Anda sudah mengetahui gambaran penerapannya, hal tersebut tentu akan terasa mudah. Berikut beberapa langkah awal dalam proses pembuatan aplikasi berbasis teknologi AR untuk bisnis:

  • Temukan jenis dan ide augmented reality (AR) yang efektif dan sesuai dengan jenis bisnis Anda.
  • Kemudian, lakukan analisis aplikasi dan juga analisis target dari aplikasi AR tersebut.
  • Setelah itu, temukan software development kit yang sekiranya mudah dan sesuai untuk proyek aplikasi AR pada bisnis Anda. Sesuaikan juga software development kit tersebut dengan anggaran, ide, dan juga keahlian.
  • Kemudian, buat pelacak visual 2D yang akan menjadi gambar spesifik dan berfungsi sebagai panduan awal serta perangkat bantuan untuk aplikasi AR.
  • Lalu, buatlah desain unik dan persiapkan berbagai jenis model 3D, audio, teks, images, file, dan juga data bisnis yang Anda perlukan.
  • Terakhir, silahkan gabungkan semua elemen yang telah Anda kumpulan tersebut pada satu platform software development kit yang telah Anda pilih sebelumnya.

Software Pendukung Pembuatan Aplikasi AR

Nah, langkah kedua dalam cara membuat aplikasi augmented reality adalah dengan menggabungkan elemen pendukung dalam satu software development kit. Berikut ini adalah beberapa platform software development kit yang bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi AR:

1. Kudan AR

Cara membuat aplikasi augmented reality bisa Anda lakukan dengan aplikasi Kudan AR. Berikut adalah beberapa fitur unggulan dalam aplikasi Kudan AR:

  • Fitur untuk memetakan berbagai elemen tambahan melalui beberapa komponen terpisah seperti OpenGL.
  • Pelacakan objek tertentu tanpa penanda.
  • Fitur pemetaan elemen tambahan berdasarkan dari objek gambar yang terdapat dalam satu resource dan lokasi pengguna.
  • Pengenalan gambar dalam bentuk real.

Salah satu contoh aplikasi AR yang sukses terbuat melalui software Kudan AR adalah aplikasi Sayduck. Dalam aplikasi Sayduck, pengguna dapat melihat tampilan objek furniture dalam visual 3D yang tersedia dalam katalog penjualan. Sebelum membelinya, konsumen bisa melihat gambaran furniture tersebut melalui aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi AR buatan Kudan juga dapat terakses dan Anda unduh secara gratis. Bahkan, Kudan juga telah mendukung aplikasi buatannya untuk dapat terakses melalui platform Android, iOS, dan Unity. Selain itu, proses pemrogramannya juga sudah lengkap dengan bahasa program C++ dan C.

2. Vuforia

Vuforia merupakan tools kedua yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah objek AR. Karena vuforia adalah software development kit yang beroperasi dalam game engine unity, tentu saja software ini sudah mempunyai komunitas yang besar.

Selain itu, proses pembuatan aplikasi AR menggunakan Vuforia relatif paling mudah jika Anda bandingkan dengan software development kit lain. Karena proses developing aplikasi dengan Vuforia tidak perlu tools khusus dan konfigurasinya pun sangat simpel.

Anda hanya perlu menyiapkan sebuah marker dan objek yang ingin Anda tampilkan saja. Baik berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. Kemudian, prosesnya yakni dengan memasukkan marker dan objek dalam satu penyimpanan virtual yang tersedia gratis oleh Vuforia.

Setelah itu, download penyimpanan virtual tersebut kemudian import file ke dalam Unity Editor. Lalu, silahkan tambahkan objek dan juga marker tersebut. Jadilah aplikasi AR pertama Anda. Mudah, bukan?

3. AR Core

Cara membuat aplikasi augmented reality selanjutnya adalah dengan bantuan software ARCore. ARCore sendiri merupakan tools AR besutan Google yang dapat beroperasi pada dua sistem operasi smartphone, yaitu Android dan OS.

Selain itu, ARCore ini juga termasuk dalam jenis SDK yang dapat berjalan pada platform Game Engine Unity. ARCore juga memiliki teknologi yang canggih, sehingga dapat menghasilkan aplikasi AR dengan fitur lengkap.

Kemudian, yang menjadi salah satu keunggulan utama dari ARCore adalah memiliki fitur light detection. Di mana, hasil aplikasi besturan ARCore secara otomatis akan memberikan cahaya kepada objek berdasarkan posisi device. Namun, ARCore hanya tersedia dalam versi premium berbayar saja.

4. ARKit

Platform software development kit terakhir yang bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi AR adalah ARKit. ARKit merupakan tools sempurna untuk membuat sebuah aplikasi AR, terutama jika Anda adalah pengguna sistem operasi Mac OS.

Karena ARKit memang dirancang khusus dan hanya dapat berjalan dalam sistem operasi Mac OS. Kemudian, hasil aplikasi yang tercipta dari ARKit, yaitu berupa aplikasi khusus yang hanya dapat berjalan pada sistem operasi iOS.

ARKit merupakan alasan mengapa Google mengeluarkan aplikasi ARCore. Karena, ARKit menjadi pesaing Google sebagai platform software development kit dalam proses pembuatan aplikasi berbasis AR.

Tertarik Membuat Aplikasi AR untuk Keperluan Bisnis?

Nah, itulah penjelasan tentang cara membuat aplikasi augmented reality. Jika Anda membutuhkan jasa Virtual Tour untuk promosi bisnis dan operasional bisnis dalam bentuk VR dan AR, segera dapatkan layanan terbaiknya hanya di Pointbox.id. Mari integrasikan bisnis Anda dengan teknologi VR dan AR untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,