Cara Memulai Bisnis Properti Sukses dengan Teknologi Virtual Tour!

View : 
805
cara bisnis properti

Seiring berkembangnya teknologi digital, cara bisnis properti kini juga semakin beragam. Bahkan, pemasaran digital marketing properti saat ini telah mencakup ke media sosial. Hal tersebut tidak terlepas dari penggunaan media sosial itu sendiri sebagai wadah berpromosi dan meningkatkan omset penjualan properti.

Selain itu, munculnya teknologi virtual tour, membuat strategi pemasaran dan promosi bisnis properti semakin menarik. Bahkan, kini sektor usaha properti yang menggunakan teknologi virtual tour terbilang sangat ampuh untuk meningkatkan daya beli masyarakat terhadap investasi dan aset properti.

Pentingnya Peran Virtual Tour dalam Bisnis Properti?

Bagi Anda yang ingin mengetahui tips dan cara bisnis properti sukses di era digitalisasi ini. Ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang pentingnya peran virtual tour dalam sektor usaha properti. Simak penjelasan berikut ini:

A. Menggambarkan Situasi Real dengan Tampilan HD

Peran penting virtual tour dalam sektor usaha properti pertama berkaitan pada fungsionalitas teknologi ini dalam menggambarkan tampilan properti secara real. Melalui virtual tour, calon konsumen Anda dapat merasakan gambaran situasi asli dengan tampilan HD pada saat melakukan survey properti.

Selain itu, tampilan HD ini nantinya akan membentuk suatu tatanan hunian properti yang modern. Tentu saja, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen untuk mengetahui seberapa bagus gambaran hunian properti yang akan mereka beli nantinya.

Berbekal VR properti, Anda dapat memberikan gambaran lengkap mengenai hunian yang saat ini Anda kembangkan kepada calon konsumen. Bahkan, meskipun bangunan properti tersebut belum selesai 100%.

Konsumen tetap berkesempatan untuk menjalani sebuah ‘tour’ bernuansa 3D. Berupa pemandangan hasil properti yang nantinya akan ditempati oleh calon konsumen.

B. Mengizinkan Konsumen untuk Kustomisasi Properti

Peran virtual tour dalam cara mengembangkan bisnis properti kedua, yaitu memungkinkan konsumen untuk melakukan kustomisasi properti. Anda dapat menunjukkan kondisi seperti apa properti tersebut, melalui tampilan warna exterior. Selain itu, Anda juga dapat menampilkan tampilan interior dalam ruangan.

Istilah lainnya, Anda bisa mengizinkan konsumen untuk melakukan kustomisasi properti secara maya. Artinya, konsumen dapat mempertimbangkan secara langsung jenis interior, eksterior, tata letak ruangan, dan lain sebagainya.

Jadi, nantinya pada saat proses pengerjaan, properti tersebut memiliki hasil yang sesuai dengan ekspektasi konsumen. Cara ini terbilang sangat efektif terutama bagi Anda para developer properti yang ingin menarik calon konsumen dari kalangan menengah ke atas.

C. Efektif untuk Survei Properti Jarak Jauh

Peran virtual tour dalam bisnis properti ketiga, yaitu sebagai metode survei jarak jauh yang efektif. Di tahun 2016, studi properti menunjukkan data bahwa 20% calon konsumen properti melakukan transaksi tanpa melihat penjual properti serta bangunan propertinya secara langsung.

Berbeda jika Anda menggunakan teknologi virtual tour. Melalui teknologi ini, calon konsumen dapat melakukan survei rumah dan properti secara virtual dengan tampilan yang sangat realistis. Jadi, calon konsumen tidak perlu lagi datang langsung ke lokasi untuk meninjau area properti yang akan mereka beli.

Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi agen properti untuk menarik minat konsumen yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan survei lapangan. Selain itu, cara survei properti secara virtual ini juga sangat bermanfaat bagi para konsumen properti yang ingin membeli hunian di luar negeri.

Cara Bisnis Properti di Era Digital

Setelah mengetahui peranan teknologi virtual tour dalam usaha sektor properti, berikut adalah beberapa tips dan cara memulai bisnis properti di era teknologi digital:

1. Lakukan Riset Pasar

Hal pertama yang perlu Anda pelajari dalam memulai sektor usaha properti di era digital, yaitu melakukan riset pasar. Riset pasar ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh minat dan daya beli konsumen terhadap aset atau hunian properti.

Riset pasar juga akan menentukan target konsumen yang akan menjadi calon pembeli dari properti yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset terkait harga, jenis material properti, lokasi properti, dan peluang bisnis tersebut dalam prospek masa depan.

2. Gencarkan Promosi Digital

Cara memulai bisnis properti kedua adalah dengan melakukan promosi digital secara massal. Artinya, setelah Anda telah menentukan jenis aset properti, tentu saja Anda perlu melakukan promosi untuk menjaring konsumen.

Lakukanlah promosi di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, Youtube, dan lain sebagainya agar bisnis properti yang Anda jalankan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa digital marketing agar proses promosi digital lebih efisien dan terarah.

3. Gunakan Jasa Teknologi Virtual Tour

Ketiga, Anda wajib menggunakan teknologi virtual tour untuk proses survei dan transaksi properti. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, teknologi virtual tour, akan membuat calon konsumen dapat merasakan pelayanan maksimal dari usaha properti Anda. Sehingga akan menjadi daya tarik tambahan bagi para konsumen.

4. Jalin Kerja sama dengan Agen Properti

Salah satu cara bisnis properti bisa sukses selanjutnya, yaitu dengan menjalin relasi dengan pihak developer dan agen properti. Keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjalin relasi dengan developer, yaitu memperoleh penawaran terbaik dari harga jual properti di pasaran.

Selain itu, Anda dapat dengan mudah membuat promosi yang jelas dan kredibel. Karena properti yang Anda tawarkan telah mempunyai spesifikasi serta sertifikasi properti yang jelas.

Namun perlu Anda ketahui bahwa, dalam menjalin relasi dengan developer, Anda harus membuat surat perjanjian secara tertulis. Tujuannya adalah agar terdapat bukti relasi yang sah dan legal secara hukum antara Anda dan pihak agen properti tersebut.

5. Konsisten dengan Harga Terjangkau

Cara berbisnis properti terakhir, yaitu dengan menerapkan pola bisnis yang konsisten dengan harga properti yang terjangkau. Konsistensi bisnis akan menunjukan profesionalitas Anda di mata konsumen. Sehingga konsumen semakin percaya dengan apa yang Anda tawarkan.

Selain itu, tujuan penawaran dengan harga terjangkau adalah agar kaum muda tertarik untuk memilih jasa properti Anda dalam hal pembelian rumah.

Tertarik Menggunakan Virtual Tour dalam Bisnis Properti?

Itu dia beberapa tips dan cara bisnis properti di era digital. Jika Anda tertarik memulai usaha properti dengan menerapkan teknologi Virtual Tour, Pointbox menyediakan jasa virtual tour untuk keperluan promosi properti. Dapatkan harga jasa virtual tour termurah, dengan pelayanan terbaik hanya di Pointbox!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,