Revolusi Belanja Virtual Melalui Teknologi VR dan AR

View : 
800
belanja virtual

Perkembangan teknologi memang berpengaruh dalam kehidupan manusia, salah satunya dengan munculnya fenomena belanja virtual seperti sekarang ini. Salah satunya adalah teknologi VR dan AR yang menunjang belanja dengan cara modern menjadi lebih mudah.

Menjalankan bisnis menggunakan teknologi seperti VR dan AR memiliki lebih banyak peluang berkembang. Terutama jika bisnis Anda memiliki bidang pada perbelanjaan secara online. Tak heran, teknologi ini makin banyak pebisnis gunakan untuk digitalisasi dan modernisasi sekarang.

Apa itu Belanja Virtual?

Pada dasarnya aktivitas belanja konsumen online merupakan metode transaksi terbaru yang berjalan dalam dunia virtual. Selaku penjual dan pembeli keduanya akan bertemu dalam bentuk avatar, dengan bantuan teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality).

Dalam sebuah platform virtual tersebut, akan terjadi transaksi layaknya jual beli namun tanpa harus keluar rumah. Pada platform tersebut Anda bisa berbelanja lewat replika toko digital dengan katalog produk yang ditawarkan. Karena berjalan dalam dunia virtual, maka seluruh kegiatan juga akan berjalan dengan cara virtual.

Melalui bantuan teknologi AR, Anda selaku penjual dapat menjajakan produk langsung ke konsumen. Walaupun kebanyakan produk yang diperjualbelikan adalah produk digital, maupun katalog pemesanan saja.

Tak hanya dalam dunia virtual saja, nyatanya teknologi belanja virtual menggunakan bantuan AR dan VR bisa Anda terapkan pada transaksi offline. Namun, butuh teknologi yang cukup mumpuni serta modal awal yang lumayan besar dalam mengembangkan sistem dari nol.

Perkembangan Teknologi pada Sektor Niaga

Jika mungkin Anda sudah mengenal sistem belanja online yang memungkinkan Anda melakukan pemesanan hanya dari smartphone. Kini muncul metode baru, yang akan memberikan sensasi belanja online secara virtual. Layaknya pada game RPG yang berbelanja di NPC, kini Anda bisa merasakannya secara langsung.

Teknologi yang sering digunakan adalah AR dan juga VR, yang memungkinkan Anda melakukan transaksi pada platform virtual tertentu. Jika dulunya Anda hanya bisa scroll untuk mencari barang yang Anda inginkan, maka dengan sistem belanja virtual Anda bisa merasakan berbelanja layaknya aktivitas di dunia nyata.

Bedanya Anda tak perlu keluar rumah sama sekali, karena konsep virtual yang membuat proses belanja terjadi dalam dunia virtual dengan bantuan peralatan super canggih. Bahkan jika Anda merasa pembayaran pada transaksi toko online sudah canggih, maka teknologi virtual bisa jauh lebih canggih.

Karena konsep belanja adalah dengan saldo yang karakter Anda miliki, bahkan beberapa menggunakan sistem yang menyerupai game untuk memberikan daya tarik tersendiri. Melalui teknologi AR dan VR, Anda akan mendapatkan pengalaman baru dalam berbelanja

Memahami AR dan VR

Dalam proses belanja virtual, ada dua teknologi yang paling berjasa, yaitu AR dan juga VR. Agar lebih memahaminya, Anda bisa membaca penjelasan di bawah ini:

A. Augmented Reality

Pada dasarnya AR adalah teknologi yang memiliki konsep menggabungkan dunia virtual dengan dunia nyata. Bahkan bentuk virtual yang hadir bisa berupa objek virtual 2D maupun 3D. Tentunya untuk merealisasikan bentuk virtual ke dunia nyata, Anda memerlukan bantuan sebuah teknologi penerjemah AR.

Bentuknya bermacam-macam, mulai dari kamera HP dengan fitur AR, kacamata khusus, kamera, maupun berbagai device lainnya. Informasi yang tersaji sendiri bisa beragam, mulai dari gambar, video, animasi, hologram, maupun bentuk 3D bergerak.

Peran AR pada kegiatan belanja virtual juga cukup beragan. Karena AR, Anda bisa mencoba berbagai pengalaman baru. Seperti menampilkan virtual information produk, penataan furniture secara virtual, makeup try ON, dan masih banyak lagi yang lainnya.

B. Virtual Reality

Selain AR, VR juga memiliki peranan cukup penting dalam proses berbelanja dengan cara modern ini. Karena teknologi satu ini tidak menghadirkan dunia virtual, namun Anda yang akan diajak kedalam dunia virtual.

Mudahnya, VR akan membantu Anda merasakan interaksi langsung dengan lingkungan virtual. Tentu saja, hal ini hanya bisa Anda akses menggunakan perangkat tertentu saja. Sistemnya sendiri sudah sering muncul pada beragam game virtual, bahkan belakangan ini muncul pada bidang niaga.

Pasalnya, penjual dan pembeli bisa langsung terkoneksi dengan sebuah platform. Layaknya sebuah game, Anda bisa berkeliling mencari barang maupun menjual dengan cara yang serba virtual. Bahkan hal ini lebih menarik dan mudah daripada berbelanja melalui toko online.

Jadi, secara tidak langsung teknologi akan memberikan kedua belah pihak keuntungan yang menggiurkan. Bagi penjual Anda tak perlu repot membangun toko secara manual, karena toko bisa Anda kelola dengan satu klik saja. Bahkan bagi pembeli pastinya ada sensasi layaknya menjadi seorang penjelajah di dunia lain, tepatnya pada dunia virtual.

Potensi VR dalam Membantu Proses Belanja Virtual

Pada dasarnya membangun bisnis dengan teknologi VR lebih berpotensi daripada teknologi AR. Mengingat berbagai kemudahan dan keunggulan yang bisa bisnis bahkan konsumen dapatkan. Contohnya seperti:

1. Modal Lebih Kecil

Memasang AR pada dunia nyata, lebih memakan waktu dan butuh modal yang besar. Mengingat rangkaian proses yang cukup panjang dan lebih sulit, sehingga teknologi VR lebih banyak dipilih. Karena untuk membuka toko Anda bisa mencoba berbagai platform, layaknya buka toko online di berbagai marketplace.

2. Transaksi Lebih Mudah dan Menarik

Proses belanja virtual dengan teknologi VR membuat transaksi jauh lebih mudah, bahkan jika Anda asumsikan transaksi akan semudah seperti Anda beli item dalam sebuah game. Bahkan penjual tak perlu ribet keluar rumah atau menjelaskan produk, karena proses serba virtual informasi otomatis muncul layaknya dalam dunia game.

3. Meningkatkan Kredibilitas dan Profesionalitas

Layaknya pabrik yang sudah menggunakan robot, bisnis yang membangun sistem VR pastinya akan terlihat lebih profesional. Sehingga kredibilitas bisnis akan lebih meningkat, karena memanfaatkan
perkembangan teknologi dengan tepat.

4. Potensi Lebih Besar

Walaupun lebih mudah dan menarik, sayangnya belum semua bisnis mampu memahami sistem perangkat VR. Apalagi dengan target pasar menengah ke atas, sudah pasti bisnis yang lebih dulu membangun atau mengikuti platform virtual akan memiliki potensi berkembang lebih tinggi.

Sudah Tahu Bagaimana Revolusi dan Peran Belanja Virtual?

Nah, itulah informasi tentang potensi dan peran teknologi vr dalam bisnis yang Anda kelola. Karena berbagai kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan, menyiapkan bisnis sedini mungkin akan meningkatkan potensi bisnis untuk berkembang. Bahkan dengan treatment yang tepat, penjualan Anda bisa meroket dengan teknologi ini!

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,