Memanfaatkan Augmented Reality Marketing yang Terbukti Efektif

View : 
785
augmented reality marketing

Seperti apa pemanfaatan augmented reality marketing? Teknologi AR telah banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, termasuk dalam hal pemasaran atau marketing.

Melalui teknologi tersebut, para pembeli bisa dengan mudah menelusuri toko atau langsung melihat produk yang ingin mereka beli. Hebatnya lagi, para pembeli tidak perlu mengunjungi toko tersebut atau memegang produk secara langsung.

Pengertian Augmented Reality

Sebenarnya augmented reality atau AR merupakan teknologi yang sudah ada sejak beberapa dekade. Akan tetapi, teknologi tersebut baru akhir-akhir ini mulai banyak yang menerapkannya.

Secara pengertian, AR merupakan teknologi canggih yang memadukan antara konten digital buatan komputer dengan dunia nyata. Konsep yang terdapat pada augmented reality memungkinkan Anda untuk melihat objek baik 2D maupun 3D.

Pengalaman yang Anda dapatkan dari penggunaan teknologi ini seolah seperti sedang melihat atau bahkan mengamati objek tersebut secara nyata. Padahal semua itu Anda lakukan secara digital.

Berbeda dengan virtual reality (VR), augmented reality tidak menghadirkan seluruh lingkungan buatan sebagai pengganti yang asli. Sesuai namanya, bahwa AR ini merupakan realitas tambahan.

Maksudnya, AR akan tetap menampilkan lingkungan fisik sesuai di dunia nyata. Akan tetapi, akan ada gambar tambahan dari komputer yang akan mengubah persepsi realitas.

Inilah Manfaat Augmented Reality Marketing

Saat ini penggunaan teknologi AR sudah semakin banyak. Hal tersebut membuat para marketer semakin tertarik memanfaatkan teknologi tersebut dalam menerapkan strategi pemasaran yang efektif. Berikut beberapa manfaat yang Anda peroleh saat menggunakan augmented reality.

1. Meningkatkan Pengalaman Customer

Manfaat pertama penggunaan augmented reality yaitu meningkatkan customer experience. Hal tersebut karena pelanggan Anda dapat memperoleh informasi secara lebih lengkap. Kemudian mereka juga lebih bisa membuat pilihan serta transaksi yang berlangsung menjadi lebih cepat.

Hal yang sama ketika Anda mencoba kosmetik atau baju di toko secara offline, augmented reality akan memberikan kesempatan yang sama untuk para pelanggan yang ingin mencoba produk tersebut. Hanya saja produk tersebut Anda coba secara digital.

Pengalaman menggunakan AR tak kalah dengan pengalaman langsung yang Anda dapatkan. Sebagai informasi bahwa penerapan AR ini sudah berhasil dilakukan L'Oreal dan Sephora terhadap produk kosmetiknya.

2. Memberikan Pengalaman Virtual Tour

Manfaat augmented reality marketing yang kedua yaitu memberikan pengalaman lebih baik saat virtual tour. Saat ini untuk mengunjungi suatu tempat tidak harus mendatanginya langsung. Apalagi pada momen ketika pandemi melanda di mana Anda tidak bisa langsung mengunjungi tempat atau lokasi yang Anda inginkan.

Solusinya adalah dengan memanfaatkan teknologi AR. Melalui teknologi ini, Anda tetap bisa mengunjungi lokasi yang Anda inginkan secara virtual. Misalnya Anda ingin mengunjungi toko Starbucks. Teknologi ini akan membantu Anda mengunjungi toko tersebut dan melihat setiap sudut yang ada.

3. Meningkatkan Branding

Teknologi augmented reality juga bermanfaat untuk kebutuhan branding. Misalnya, AR mampu menghadirkan informasi tambahan seputar brand tertentu secara virtual.

Untuk penerapannya juga sangat mudah dan sederhana. Anda cukup scan image yang Anda dapatkan dari brosur. Kemudian customer pun bisa langsung menikmati video augmented reality mengenai profil perusahaan maupun produk tertentu.

4. Meningkatkan Status Brand

Teknologi augmented reality marketing juga sangat bermanfaat untuk menghadirkan buzz marketing. Contohnya, ketika Pepsi menghadirkan "jendela" di halte menggunakan AR sebagai media campaign, audiens bisa melihat UFO sampai robot virtual di kota lewat jendela tersebut.

Dengan memanfaatkan augmented reality, status brand perlahan terbangun dan semakin bagus. Alhasil, banyak marketer yang semakin antusias mencoba teknologi tersebut.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Penggunaan teknologi AR memang telah menghadirkan banyak manfaat dalam dunia marketing. Selain yang telah dibahas, masih ada lagi manfaat yang Anda peroleh yaitu teknologi tersebut berperan penting dalam brand awareness.

Strategi pemasaran melalui augmented reality membuat para pelanggan Anda mulai membicarakan brand dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya. Alasannya karena teknologi tersebut mampu memberikan pengalaman baru dan berbeda bagi para pelanggan.

Dengan begitu, lead pun menjadi lebih mudah, para pelanggan akan lebih tertarik dengan produk Anda karena strategi yang Anda terapkan melalui AR ini.

6. Alat Promosi

Manfaat augmented reality marketing yang keenam yaitu sebagai alat promosi. Kemampuannya sebagai media promosi digital tak perlu diragukan. Teknologi AR menjadi sebuah jembatan yang akan menghubungkan saluran pemasaran yang sifatnya tradisional dengan digital.

Hasil promosi menggunakan Augmented Reality juga tidak mengecewakan. Produk yang Anda tawarkan juga akan lebih mudah untuk menarik pelanggan. Hal tersebut menunjukkan inovasi dan kreativitas dari brand atau produk yang Anda miliki dan mungkin belum diterapkan kompetitor Anda.

7. Keperluan Engagement

Berdasarkan penelitian, kampanye marketing alias marketing campaign efektif dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan. Melalui penelitian tersebut menunjukkan engagement meningkat lebih tinggi yaitu sebanyak 75 detik dengan menerapkan augmented reality.

Sebagai perbandingan, durasi engagement iklan melalui radio maupun televisi hanya mampu sekitar 2,5 detik.

Sudah Paham tentang Augmented Reality Marketing?

Sekian informasi seputar teknologi AR sebagai strategi pemasaran. Jika Anda memerlukan jasa virtual retail store, Pointbox.id menjadi solusinya. Pointbox.id merupakan sebuah jasa teknologi virtual tour 3D terpercaya di Indonesia.

Pointbox Indonesia akan membantu Anda dalam merancang, mengukur, mengelola, maupun memvisualisasikan objek sesuai keinginan. Harga jasa virtual tour di Poinbox juga lebih terjangkau dibandingkan jasa virtual tour lainnya.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,