Pengertian dan Manfaat Augmented Reality dalam Pembelajaran

View : 
724
Pengertian dan Manfaat Augmented Reality dalam Pembelajaran

Seperti apa penerapan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran? Teknologi AR nyatanya memang sudah semakin berkembang dan telah memberikan banyak manfaat, khususnya di dunia pendidikan. Dengan teknologi ini, pembelajaran pun menjadi jauh lebih menarik.

Pengertian Augmented Reality

Augmented Reality adalah teknologi yang dapat mengintegrasikan benda maya 2D maupun 3D ke lingkungan yang nyata kemudian menampilkannya secara real time. Saat ini penggunaan AR sudah semakin banyak di berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan.

Manfaat Augmented Reality dalam Pembelajaran

Beberapa manfaat Augmented Reality dalam pembelajaran yaitu:

1. Metode Pembelajaran Gabungan

Pembelajaran dengan memanfaatkan Augmented Reality sudah jelas mampu menghadirkan potensi besar sebagai pengganti metode lama yang monoton. Saat seluruh materi berbasis teknologi, pembelajaran pun cenderung lebih mudah dipahami para siswa daripada hanya berpatokan pada buku.

Dengan Augmented Reality ini, semua materi pelajaran pun bisa Anda hadirkan dalam satu konten khusus. Kemudian para siswa tinggal mengaksesnya sesuai kebutuhan.

2. Pembelajaran Lebih Menarik

Ini merupakan fakta bahwa fungsi Augmented Reality dalam pembelajaran yaitu membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dari sekadar membaca buku. Para siswa juga mendapatkan pengalaman secara langsung melalui tayangan visual.

Pembelajaran yang berbasis AR sudah banyak diterapkan lewat aplikasi maupun platform pendidikan. Hasilnya pun juga sesuai harapan di mana para siswa merasa sangat terbantu saat mempelajari materi atau topik tertentu.

Materi yang disajikan lebih menarik sehingga secara tidak langsung memotivasi mereka untuk terus mempelajarinya.

3. Memudahkan Belajar Konsep yang Rumit

Tidak jarang siswa harus mendapatkan penjelasan secara berulang-ulang karena materi yang cenderung rumit dan hanya melalui buku. Dengan bantuan Augmented Reality, materi yang disampaikan guru menjadi lebih mudah mereka pahami karena didukung tampilan visual.

Setiap mata pelajaran sudah tentu mempunyai konsep yang rumit. Dengan bantuan AR ini, guru mampu menguraikan materi secara lebih mudah serta mampu menghindarkan siswa dari miskonsepsi.

Contoh Penerapan Augmented Reality dalam Pembelajaran

Beberapa contoh penerapan AR dalam pembelajaran antara lain:

1. Pembelajaran Anatomi Makhluk Hidup

Augmented Reality sangat bermanfaat untuk mendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran biologi. Metode AR ini akan membantu guru maupun siswa saat belajar tentang anatomi makhluk hidup.

Tampilan 3D dari Augmented Reality akan menampilkan bentuk sel kepada siswa. Kemudian siswa bisa belajar setiap inci dari sel tersebut dengan pengalaman yang lebih menyenangkan.

Saat memakai mikroskop, para siswa hanya dapat memperhatikan bentuknya. Akan tetapi, dengan media yang berbasis Augmented Reality, siswa bisa mengamati objek tersebut secara lebih detail. Tidak jarang mereka akan mendapatkan informasi lain yang mungkin tidak mereka dapatkan jika hanya memakai mikroskop.

2. Pembahasan Bumi dan Antariksa

Penerapan Augmented Reality dalam pembelajaran juga berkenaan dengan bumi dan antariksa. Saat ini banyak lembaga pendidikan yang telah menerapkan AR tersebut untuk mata pelajaran geografi. Guru juga semakin termotivasi untuk mendampingi para siswa saat menelusuri sisi bumi serta objek luar angkasa lainnya.

Dengan begitu, media pembelajaran bukan hanya terfokus pada globe maupun atlas. Kedua alat peraga ini memang kurang relevan untuk zaman sekarang karena terkesan monoton dan membuat siswa cepat bosan.

Hadirnya Augmented Reality ini menciptakan harapan baru untuk dunia pendidikan yang semakin berkembang secara pesat dan efisien.

3. Mempelajari Jenis Atom secara Jelas

Tak jauh berbeda dengan pembelajaran anatomi makhluk hidup, mempelajari atom juga akan lebih menarik melalui AR. Melalui media tersebut, siswa akan belajar seperti apa proses terbentuknya atom sampai perjalanannya hingga menyatu dengan atom lainnya. Mereka akan mempelajarinya secara detail dan pastinya menarik.

Para siswa juga bisa mengulik berbagai informasi di dalamnya secara lebih leluasa. Dengan Augmented Reality, pembelajaran pun menjadi lebih mudah serta mampu melibatkan emosional para siswa.

4. Topologi Jaringan Komputer

Selain ketiga mata pelajaran di atas, Anda juga dapat memanfaatkan Augmented Reality dalam pembelajaran jaringan komputer. Penerapan AR terbukti mampu memberikan penjelasan materi secara lebih mudah kepada para siswa seputar topologi jaringan komputer.

Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menunjang materi tersebut. Dengan Augmented Reality, detail topologi jaringan mampu diurai secara jelas sehingga para siswa lebih cepat memahaminya dan bukan sekadar berpatokan pada buku pelajaran.

5. Belajar Geometri

Siapa yang mengira jika mempelajari bangun ruang bisa lebih menarik dengan bantuan AR. Berkat teknologi ini, berbagai persoalan dalam geometri bisa diselesaikan melalui cara yang sederhana. Apalagi banyak siswa yang menganggap pelajaran matematika merupakan momok dan membuat mereka menjadi kurang semangat.

Media Augmented Reality dapat menjadi alternatif untuk membuat pembelajaran matematika yang menyenangkan. Para siswa pun tidak harus tegang karena materi yang mereka pelajari jadi terkesan lebih santai dan menyenangkan.

6. Pemutaran Film

Manfaat Augmented Reality dalam pembelajaran juga bisa berkaitan dengan penayangan video edukatif. Video yang ditampilkan ke para siswa sudah tentu harus berhubungan dengan materi atau topik yang dibahas.

Biasanya video maupun film yang memanfaatkan Augmented Reality mampu menghadirkan tampilan yang lebih menggugah. Selain itu, kualitas gambar serta suara pada film tersebut memberikan pengalaman yang lebih nyata kepada para siswa.

Menerapkan media Augmented Reality merupakan cara efektif untuk mewujudkan meaningful learning. Para siswa pun akan memperoleh pengalaman yang memorable. Selain itu, media AR ini juga mampu menjadi salah satu cara untuk mewujudkan pembelajaran student-centered.

Sebelum menonton video, guru bisa memberikan instruksi tentang tugas atau pertanyaan yang harus mereka jawab berkenaan dengan video.Setelah video selesai ditayangkan, guru bisa memancing mereka dengan beberapa pertanyaan untuk memperoleh jawaban yang tepat dan sesuai yang ada di video.

7. Membacakan Cerita 3D

Memperkenalkan sejarah pada siswa juga perlu inovasi. Membacakan sejarah hanya lewat buku kemungkinan hanya akan membuat siswa mengantuk di kelas. Apalagi saat pelajaran sejarah tersebut berada di jam terakhir.

Untuk itu, perlu adanya teknologi Augmented Reality yang bukan hanya berfokus pada pembelajaran eksak saja. Pada bidang sosial juga perlu peran dari kecanggihan teknologi tersebut sehingga minat belajar siswa menjadi meningkat. Apalagi sekarang sudah ada kacamata 3D dalam menghadirkan cerita bersejarah.

Hal tersebut membuat siswa lebih memperhatikan cerita serta lebih mudah meresapi informasi atau alur cerita tersebut. Bahkan dengan AR ini, para siswa seolah benar-benar terlihat dalam cerita.

Sudah Paham Penerapan Augmented Reality dalam Pembelajaran?

Itu dia pembahasan tentang manfaat AR bagi dunia pendidikan. Bagi yang memerlukan jasa terpercaya untuk merancang pembelajaran Augmented Reality, Pointbox Indonesia adalah pilihannya. Poinbox telah berpengalaman dalam mengukur, merancang, memvisualisasikan berbagai objek dalam bentuk 3D.

Harga jasa virtual tour di Pointbox Indonesia juga terjangkau. Untuk info lebih lengkap, Anda bisa menghubungi website Pointbox.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,