3D Laser Scanning: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Tips Menggunakan!

View : 
1571
3d-laser-scanning

Transformasi teknologi yang terus berkembang melahirkan berbagai inovasi teknologi baru yang semakin dinamis. Transformasi teknologi terjadi di semua bidang yang semakin memudahkan aktifitas yang dilakukan. Perkembangan era industry digital menciptakan berbagai inovasi teknologi yang memberikan solusi terbaiknya.

Dalam industri pembangunan atau konstruksi biasanya dibutuhkan sebuah perancangan, permodelan, hingga survey. Untuk melakukan ketiga hal tersebut kebanyakan para ahli menggunakan 3D Laser Scanning untuk memudahkan pekerjaan mereka. 3D Laser Scanning adalah teknologi non-destructive test atau ndt yang bisa mengambil gambar objek nyata seperti bangunan lalu diubah menjadi model 3D. Alat survey ini bekerja dengan membuat point cloud data dari permukaan objek yang dipindai atau di scan.

Untuk lebih memahami 3D Laser Scanning, bisa membaca penjelasan dibawah ini.

Apa Itu 3D Laser Scanning

3D Laser Scanning adalah alat yang digunakan untuk mengambil ukuran dan bentuk objek yang discan secara akurat lalu dimasukkan ke dalam komputer dalam bentuk 3D. 3D Laser Scanning ini juga direkomendasikan untuk pengukuran dan inspeksi permukaan berkontur, dan geometri yang rumit karena pekerjaan tersebut membutuhkan data dalam jumlah besar untuk kebutuhan akurasinya.

Cara pemindaian alat ini adalah dengan menggunakan laser. Data yang sudah berbentuk 3D inilah yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan pembangunan atau proyek. Alat ini dapat mengukur detail bangunan dengan baik dan menangkap bentuk bebas dengan cepat sehingga menghasilkan point cloud yang akurat.

Point cloud yang telah didapat ini dapat digunakan untuk rekonstruksi bentuk dari objek yang discan. Jika informasi warna juga dikumpulkan pada masing – masing point cloud maka warna pada permukaan objek yang discan juga bisa ditentukan.

3D Laser Scanning memiliki beberapa kemiripan dengan kamera biasa karena memiliki medan pandang berbentuk kerucut dan hanya dapat mengumpulkan data permukaan yang terpapar cahaya. Hal yang menjadi perbedaannya adalah kamera bekerja dengan mengumpulkan data warna permukaan yang difoto pada jarak pandangnya sedangkan 3D Laser Scanning bisa mengumpulkan data jarak permukaan dalam jarak pandangya sehingga hasil gambarnya memberikan data mengenai jarak masing – masing titik (point cloud) pada permukaan objek tersebut.

Saat ini banyak pekerjaan yang memerlukan model atau visual 3D seperti desain mesin, bangunan, animasi, survey minyak dan gas bumi, dan masih banyak lagi. Nah untuk memudahkan pekerjaan tersebut, 3D Laser Scanning adalah alat yang tepat. Selain itu, proses desain ulang atau renovasi bangunan juga menjadi lebih mudah.

Selain pemodelan ulang, 3D Laser Scanning juga bisa memotret dari tempat atau bangunan yang ada, bahkan sampai kendaraan. Alat ini memudahkan pengguna jika ingin melakukan suvey pada suatu bangunan, dan bisa memotret dengan jelas detail bangunan atau objek tersebut lalu menghasilkan model 3D yang sama persis dengan objek yang dipotret tersebut, atau bisa dibilang model as-built.

Dengan alat ini model CAD 3D dapat dibuat dengan mudah dan pengguna dapat memahami bagian bangunan mana yang mengalami kerusakan, lalu dapat dilakukan perbaikan dan menghasilkan bangunan yang lebih baik.

Quality control (uji kualitas) suatu produk juga bisa menggunakan 3D Laser Scanning dengan cara membandingkan dengan model yang sudah ada sebelumnya. Hasil scan tersebut dapat digunakan untuk simulasi produk apakah sudah benar atau ada yang perlu diperbaiki.

Selain quality control, bidang kesehatan dan bahkan fashion juga memerlukan 3D Laser Scanning, tapi dengan ukuran yang lebih kecil. Produk yang perlu prefebrikasi menjadi lebih mudah untuk dibuat karena pengguna bisa mensimulasikan proses pembuatan dan lainnya sebelum benar – benar diproduksi.

Proses belajar yang menggunakan visual akan sangat efektif dengan menggunakan 3D Laser scanning ini. Contohnya, menampilkan bangunan bersejarah secara 3D untuk dikenalkan kepada masyarakat. 3D Laser Scanning merupakan alat terbaik untuk mengumpulkan data geospasial tanpa perlu datang langsung ke lokasi untuk melakukan pengukuran.

Mungkin bagi pengguna personal, harga alat ini bisa dibilang masih cukup mahal, bagi Anda pengguna personal, jangan khawatir. Saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa 3D Laser Scannig  dengan harga yang dapat disesuaikan.

Cara Kerja 3D Laser Scanning

Setelah mengetahui apa itu 3D Laser Scanning, sekarang kita akan melihat cara kerja dari alat ini.

1. Akuisisi Data

Laser pada alat survey ini diletakkan di atas alas digitizer untuk memindai objek tersebut, dan software khusus yang mendorong probe laser di atas permukaan objek. Probe laser akan memancarkan garis sinar laser ke permukaan sementara 2 kamera sensor terus menerus merekam perubahan jarak dan bentuk garis laser dalam bentuk 3D (XYZ) saat memindai seluruh objek.

2. Data yang dihasilkan

Hasil pemindaian alat ini adalah point cloud yang ditampilkan di komputer saat laser bergerak menangkap seluruh bentuk permukaan objek. Pengumpulan point cloud yang dilakukan alat ini juga sangat cepat, bisa sampai 750.000 point cloud per detik dan tentunya sangat akurat (hingga ± .0005 ″).

3. Pemilihan Pemodelan yang Bergergantung dengan Penggunaan

Setelah data point cloud dibuat, kemudian digabungkan menjadi satu tampilan 3D dari objek yang dipindai tersebut dan diproses kembali dengan berbagai software yang cocok untuk penggunaan tertentu.

4. Mengarahkan Data Point Cloud untuk Inspeksi

Jika data point cloud akan digunakan untuk melakukan inspeksi, model 3D objek yang dipindai dapat dibandingkan dengan data CAD yang ada. Hasil perbandingan ini nantinya akan dibuat dalam bentuk laporan penyimpangan peta warna dalam format PDF yang secara langsung menggambarkan perbedaan antara data point cloud dengan data CAD.

5. Model CAD untuk Teknik Reverse

3D Laser Scanning adalah alat tercepat, paling akurat, serta otomatis untuk mendapatkan data digital 3D untuk melakukan pemodelan ulang. Data point cloud dapat digunakan untuk membuat model CAD dengan menggunakan software khusus. Model CAD berguna untuk reproduksi objek yang dipindai atau dapat diubah lagi dalam model CAD untuk memperbaiki kesalahan.

Fungsi 3D Laser Scan

Karena punya banyak fungsi-fungsi, tidak heran semakin banyak orang yang sudah berpengalaman dalam bidang kontraktor mau pun engineering membuka usaha jasa 3D scanning portable yang memakai teknologi laser scanning. Berikut beberapa fungsi 3D laser scan yang banyak dicari orang-orang.

  • Mendapatkan realitas atau melakukan survey dari kondisi sebenarnya.
  • Memberikan verifikasi atau kepastian terhadap segala konstruksi, sortasi, serta simulasi.
  • Mendesain engineering untuk memberikan perluasan mau pun peningkatan pada suatu fasilitas.
  • Mendeteksi segala benturan mau pun benjolan pada suatu objek.
  • Mendokumentasikan berbagai arsitektur mau pun pelestarian sejarah yang ada.
  • Menghitung volume objek.
  • Menghitung analisis deformasi.
  • Menghitung pengeluaran atau biaya overhead.
  • Membantu perancangan desain dan konstruksi dalam bentuk virtual.
  • Pemindaian dalam bentuk laser untuk menentukan koordinasi suatu fasilitas.
  • Mengumpulkan segala data-data yang berhubungan dengan geospasial.

Berbicara mengenai titik koordinasi, laser scanning biasanya juga digunakan jasa pembuatan peta dasar satelit untuk mendapatkan gambar buminya. Mereka yang mengambil tiap titik koordinasinya akan membuat setiap detail peta di mana pun itu akan terlihat jelas. Dengan menggunakan metode yang khusus, Anda akan mendapatkan hasil pemetaan yang detail dan jelas dari lokasi tertentu.

Penggunaan 3D Laser Scanning

Berikut penggunaan 3D Laser Scanning yang digunakan pada berbagai bidang.

A. Bidang Minyak dan Gas

Perusahaan yang berkaitan dengan Oil & Gas membutuhkan 3D laser scanning untuk pengukuran instalasi kegiatan pengeboran minyak. Banyak devisi platform yang belum menyiapkan gambar terbaru dari kilang minyak. Penggunaan teknologi scan 3D bisa memangkas waktu dibandingkan cara manual yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

B. Bidang Arsitektur

Arsitektur selalu berhubungan dengan bangunan, laser scanner 3D banyak dimanfaatkan untuk memindai bangunan. Misalnya saja anda mempunyai proyek desain suatu bangunan dan memakai jasa laser scanning Jakarta yang lebih dekat.

Point cloud pemindaian akan memiliki area hitam yang terhalang objek. Laser belum dapat memindai objek yang terhalang. Blok biasanya akan terjadi pada benda padat, asap tebal, tetesan air hujan, dan kabut tebal.

C. Bidang Sipil

Pernahkan Anda melihat proses penggunaan jasa laser scan kota? Pemindaian jembatan atau jalan layang mungkin adalah salah satu pemanfaatan teknologi 3d laser scanner yang sering Anda jumpai. Pemindaian pada objek-objek tersebut memang sangat terbantu menggunakan perangkat 3d laser scanner karena dapat mengakomodasi akurasi dari hasil pengukuran.

D. Untuk Memindai Bentuk-Bentuk Tidak Beraturan

Pemanfaatan yang keempat adalah untuk memindai bentuk-bentuk yang tidak beraturan. Salah satu pemanfaatan yang menarik adalah untuk membuat replika dari sebuah fosil tulang binatang langka. Hasil yang rinci dan akurat bisa didapatkan dengan cepat apabila menggunakan alat tersebut. Benda tidak beraturan lainnya yang juga bisa dilakukan pemindaian adalah patung.

E. Untuk Menghitung Volume Stock Pile

Menghitung volume stock pile kini bisa anda lakukan dengan akurat menggunakan 3d laser scanner. Salah satu contoh kasus, anda ingin menghitung volume dari tumpukan pasir dalam jumlah banyak yang tidak bisa hanya dengan kira-kira. Cukup lakukan pemindaian, kemudian lakukan convert data mentah dalam bentuk mesh. Dari bentuk mesh, anda bisa dapatkan berapa volume tumpukan pasir tersebut.

F. Bidang Otomotif

Bidang otomotif merupakan bidang yang sudah familiar di masyarakat. Rupanya, bidang tersebut juga memanfaatkan teknologi 3d laser scanner. Bahkan permintaan penggunaan alat ini dapat dikatakan cukup tinggi. Adapun salah satu pemanfaatan 3d laser scanner di bidang otomotif adalah untuk memodel ulang produk lama yang sudah tidak terlacak gambar asli dari produk tersebut.

G. Dan Banyak Bidang Lainnya

Dan banyak bidang lainnya, karena tentu masih banyak bidang lain yang membutuhkan alat 3d laser tersebut. Di Ibukota, tentu anda bisa menemui jasa matterport jakarta yang juga bisa anda manfaatkan untuk pemindaian dalam ruangan. Karena teknologi laser yang bisa memudahkan proses pengerjaan, maka tidak heran kalau banyak digunakan oleh banyak bidang lainnya.

Keunggulan 3D Laser Scanning

3D Laser Scanning punya keunggulan yang menjadikannya sering dipilih berbagai pihak untuk melakukan pengukuran atau pun pemindaian. Beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan dari menggunakan teknologi ini yaitu sebagai berikut.

1. Mendapatkan Detail yang Akurat

Berbeda dengan metode pengukuran secara manual, memakai teknologi 3 dimensi pemindaian laser ini akan mendapatkan hasil detail yang lebih akurat. Alat yang dipakai juga sudah sangat khusus dengan menggunakan pita pengukur atau dikenal dengan sebutan handled GPS. Jadinya, kamu akan lebih mengurangi kesalahan yang biasanya terjadi saat proses pembuatan atau pembangunan objek.

2. Lebih Cepat

Keunggulan lainnya yaitu pemindaian yang dilakukannya lebih cepat daripada metode manual biasanya. Dengan menggunakan laser scan, kamu akan mendapatkan pemindaian objek hingga jutaan titik setiap detiknya. Dari jutaan titik data itu, tentunya kamu akan langsung mendapatkan hasil yang akurat dan sangat jelas kondisinya.

3. Tidak Perlu Ke Lokasi Secara Terus Menerus

Kalau kamu masih menggunakan cara manual, tentu saat belum selesai melakukan pemindaian kamu masih harus datang ke lokasi objek itu untuk meneruskannya. Berbeda kalau kamu menggunakan 3D Laser Scanning karena tidak usah lagi datang terus ke lokasinya. Dengan menggunakan teknologi BIM 3D, pengambilan datanya bisa dilakukan secara terpisah dari lokasi itu.

4. Lebih Aman

Yang membedakan dan tentunya menjadi keunggulan dari 3 dimensi pemindaian laser yaitu lebih aman. Cara manual membuat kamu harus ke lokasi yang belum tentu aman untuk dijangkau. Tapi memakai cara ini, pengukuran bisa dilakukan di lokasi mana saja yang bahkan susah dijangkau. Jadinya, pekerja yang mau mengukur atau memindainya tidak usah lagi melewati jalan berbahaya sehingga akan lebih aman dalam bekerja.

Umumnya jasa Google Street View akan memakai pemindaian laser 3 dimensi karena memang lebih aman dan akurat dalam menentukan titik koordinasinya. Bisa lihat sendiri, kan kalau setiap peta yang kamu lihat dalam bentuk street view semuanya terlihat jelas dan akurat?

Tips Menggunakan 3D Laser Scanning

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa tips penggunaan 3D laser scanning yang perlu Anda ketahui.

A. Pengaturan Pemindaian Laser 3D

Hal utama yang harus diingat adalah bahwa:

Resolusi = Jarak antara dua titik (yaitu 1.5mm @ 10m)
Kualitas = Berapa kali pemindai menembakkan laser di tempat yang sama untuk menghitung angka koordinat rata-rata titik tersebut.

Dalam hal pengaturan resolusi, aturan utamanya adalah Greater Distance = Higher Resolution . Di bawah ini adalah pengaturan yang dapat gunakan untuk pemindai:

Di Dalam Ruangan : Hitam & Putih – Kualitas x3 & Resolusi 1/8 – 12,27mm @ 10m

Di Luar Ruangan: Hitam & Putih- Kualitas x2 atau x3 & Resolusi 1/4 – 6,14mm @ 10m

Anda juga dapat memindai dalam warna yang akan membuat point cloud Anda terlihat jauh lebih menarik tetapi juga akan meningkatkan waktu pemindaian sekitar 4 menit per pemindaian.

B. Gunakan Target

Meskipun ada beberapa cara untuk mendaftarkan point cloud, menggunakan target tidak akan merugikan, tetapi terkadang mungkin sangat penting untuk berhasil mendaftarkan cloud. Untuk berbagai tujuan, menggunakan bola merupakan opsi tercepat dan termudah. Misalnya bertujuan untuk menggunakan mode registrasi Otomatis yang tersedia di Scene, ketika sebuah proyek berukuran besar, komputer tidak mungkin secara otomatis mengumpulkan semua pindaian sekaligus. Oleh karena itu pendaftaran dilakukan dengan memecah proyek menjadi bagian-bagian yang berbeda dan menggunakan target adalah cara terbaik untuk merekatkan bagian-bagian tersebut saat menyatukan semua bagian menjadi satu bagian.

Karena pemindai laser 3D menggunakan koordinat X,Y, dan Z, hal terbaik terbaik yang perlu dilakukan yaitu menempatkan tiga bola di setiap lokasi ke dalam bentuk segitiga, menjaga jarak minimal 0,5m (di dalam ruangan) & maksimum 3m (di luar ruangan) dari satu sama lain.

menggunakan target untuk 3D laser scanning

Sumber fambar: Lidar News

C. Posisi Pemindai

Sebelum mencoba mencari rute terbaik untuk pemindaian, Anda perlu memahami prinsip cara kerja perangkat lunak saat mendaftarkan pemindaian bersama untuk membuat point cloud.

Prinsipnya sederhana:

  • Perangkat lunak yang tumpang tindih dibagi menjadi dua pemindaian dan mencari poin umum yang saling tumpang tindih.
  • Aturannya yaitu: Poin yang lebih umum di antara pemindaian = proses pendaftaran yang lebih akurat.
  • Mempertimbangkan informasi di atas, biasanya memposisikan pemindai kami sebagai berikut:
    • Jarak antar scan = Tidak lebih dari 3-5 meter di dalam & 5-10 meter di luar
    • Pemindaian pintu = selalu letakkan pemindai di pintu untuk memaksimalkan jumlah titik yang tumpang tindih dan pastikan dua ruangan sejajar dengan benar.

Tips Memilih Layanan Pemindaian 3D Laser

Karena keberadaannya sudah semakin dicari, semakin banyak saja orang yang membuka usaha pemindaian 3D laser. Tapi, kamu harus hati-hati saat memilihnya. Kamu tidak boleh asal-asalan agar hasil gambaran objek bisa terlihat jelas dan detail.

1. Punya Legalitas yang Jelas

Lebih baik kamu cari informasi yang banyak mengenai jasa yang mau kamu gunakan. Umumnya jasa yang sudah punya kualitas yang bagus memiliki website resminya sendiri yang bisa kamu akses. Tidak ada salahnya kamu buka halaman website-nya buat mencari tahu informasi mengenai mereka.

Jangan lupa kalau harus perhatikan juga legalitas di dalamnya. Harus kamu cek kalau mereka wajib punya izin usaha yang masih legal.

2. Pastikan Kontaknya Bisa Anda Hubungi

Hal lain yang perlu kamu pastikan saat mencari jasa pembuatan peta dasar satelit atau layanan pemindaian 3D laser lainnya yaitu memastikan kontaknya bisa kamu hubungi. Meski di dalam website-nya tertera jelas nomor telepon mau pun alamat kantornya, kamu coba dulu untuk menghubunginya apakah bisa digunakan atau tidak.

Dengan nomor telepon yang jelas, kamu akan semakin gampang menghubungi mereka saat kamu benar-benar membutuhkannya. Selain itu, alamat kantor yang diberikan juga harus sesuai dan tidak kantor abal-abal. Tidak ada salahnya kalau kamu punya waktu senggang, kamu langsung saja datang ke alamat kantor yang diberikannya. Jadinya, kamu bisa melihat langsung kondisi kantor itu dan bertanya langsung tentang profil perusahaannya.

3. Melihat Testimoni

Testimoni sangat penting buat kamu ketahui karena menjadi penentu apakah layanan pemindaian laser 3D suatu jasa benar-benar berkualitas atau hanya sekedar layanan abal-abal saja. Kalau mereka memberikan fitur testimoni pada halaman websitenya, kamu bisa langsung mengeceknya. Tapi kalau memang tidak ada, kamu bisa mencari lebih detailnya di halaman mesin pencari.

4. Garansi

Jaminan atau garansi memang sangat kamu butuhkan saat mencari layanan 3D Laser Scanning. Kalau penyedia jasa pemindai 3D laser memberikan jaminan, kamu akan menjadi lebih tenang saat ada kendala apa-apa di tengah pengerjaannya. Tapi, pastikan juga kamu mengetahui prosedur klaimnya agar kamu tidak salah meminta jaminannya yang ternyata malah merugikan kamu nanti.

Teknologi pemindai menggunakan 3D laser memang sudah semakin menjamur. Pekerjaan pengukuran atau pemindaian pun bisa dilakukan dengan cepat dan tentunya lebih akurat sehingga kesalahan-kesalahan bisa diminimalisir. Tapi jangan lupa kalau kamu harus memilih jasa yang tepat agar hasilnya tidak abal-abal dan tetap akurat.

5. Jasa 3D Laser Scanning Jakarta

Pointbox Indonesia membantu dalam merancang, mengukur, memvisualisasikan serta mengelola aset perusahaan anda kedalam format tiga dimensional (3D) secara akurat, dan interaktif. Pointbox adalah pelopor dan penyedia layanan terkemuka dalam teknologi 3D Laser ScanningDigital Reality Capture 3D dan Virtual Reality di Belanda, negara dimana Pointbox berawal berdiri.

Sejak tahun 2013 kami telah berkembang dalam memperkenalkan teknologi 3D Laser Scanning Service, Virtual Reality dan 3D High Definition Surveying (HDS) dan memberikan solusi ini kepada lembaga pemerintah dan swasta di beberapa industri seperti minyak, gas, listrik, keamanan, pariwisata, properti dan konstruksi. Kami telah membantu banyak klien dari berbagai negara dan kontinen seperti Australia, Amerika, Eropa, Asia Pasifik, dan Timur Tengah. Sekarang, Pointbox telah hadir di Indonesia!

Apabila Anda mengalami kesulitan dan ragu mencari penyedia jasa yang tepercaya, Anda bisa menghubungi Pointbox Indonesia. Pointbox Indonesia menyediakan berbagai jasa foto ruang 3D termasuk jasa 3D laser scanning.

Anda dapat melihat terlebih dulu perkiraan biaya jasa pada kalkulator yang telah disediakan oleh Pointbox. Dapatkan penawaran menarik dan terbaik dari Pointbox untuk membantu bisnis Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pointbox, Anda bisa menghubungi kontak Point Box atau berkomunikasi via email info@pointbox.id.

Manfaat Menggunakan Jasa 3D Laser Scanning

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan jasa 3D Laser scanning. Berikut ini penjelasan lengkapnya yang wajib Anda ketahui.

A. Bisa Digunakan untuk Mengetahui Ukuran dan Bentuk Benda Fisik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya apabila mengukur atau mengetahui bentuk sebuah benda fisik tidaklah mudah. Terlebih lagi apabila benda tersebut tidak bisa dijangkau oleh Anda secara langsung. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, dengan adanya 3d laser scanning ini, Anda bisa mendapatkan informasi tersebut.

B. Tidak Perlu Membeli Alat 3d Laser Scanning

Manfaat yang kedua dengan menggunakan 3D laser scanning adalah Anda tidak perlu membeli alat tersebut. Mengingat harga alat ini bisa mencapai hingga ratusan juga. Pasalnya perusahaan penyewaan pemindai laser 3d sudah menyediakan alat sendiri untuk melakukan pekerjaannya.

C. Bisa Mendapatkan Hasil yang Cepat dan Akurat

Tidak semua orang bisa menggunakan alat scanner yang satu ini. Tentunya tidak semua orang mampu mendapatkan hasil yang tepat bukan? Tetapi dengan keberadaan jasa tersebut, Anda tidak perlu bersusah-susah untuk melakukan scanning, karena jasa tersebutlah yang akan melakukan.

Tertarik Menggunak 3D laser Scanning?

Teknologi 3D Laser Scanning ini sangat berguna untuk bidang apapun. Terutama untuk bidang arsitektur dan infrastruktur yang membutuhkan perancangan, konstruksi, upgrade, maintenance, hingga survey. Pekerjaan yang disebutkan di atas menjadi lebih mudah dilakukan, cepat, dan hemat biaya, waktu dan masih banyak lagi keunggulannya.

3D Laser Scanning ini memiliki hasil yang lebih akurat dibandingkan dengan cara lainnya. Dengan adanya teknologi ini, kesalahan dalam pembangunan akan berkurang, terutama pada proyek pembangunan yang melibatkan banyak orang.

Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

virtual reality hand

Virtual Reality Hand Sebagai Solusi dalam Terapi Stroke

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menunjukkan potensi yang besar dalam berbagai bidang, termasuk dalam terapi rehabilitasi stroke. Terapi stroke tradisional membutuhkan waktu dan
transformasi digital

Manfaat 5G untuk Virtual Reality dalam Transformasi Digital

Dalam era transformasi digital yang semakin maju, teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi salah satu inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Namun, untuk mewujudkan potensi penuh VR,