Teknologi Virtual Reality atau VR merupakan salah satu produk yang dihasilkan melalui perpaduan beberapa bidang teknologi. VR memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang realistis tanpa harus benar-benar mengalaminya. Teknologi ini kemudian berkembang dan dilibatkan dalam berbagai aspek, mulai dari pendidikan hingga komersial. Bahkan ada manfaat pentingnya teknologi vr untuk hotel dan pariwisata yang sebelumnya mungkin tidak terbayangkan.
Virtual Reality atau VR merupakan teknologi yang dikembangkan untuk memberikan simulasi yang realistis dan mampu mendekat pengalaman yang nyata. Simulasi VR membutuhkan perangkat yang spesifik untuk memberikan sensasi visual dan audio yang mendekati kenyataan.
Kebutuhan perangkat VR ini umumnya berupa perangkat tampilan display dan audio yang dipakai langsung pada kepala penggunanya. Layar kecil yang berada dekat dengan mata akan memberikan perspektif pandangan yang seolah-olah nyata. Sedangkan sistem audio seringkali dibutuhkan untuk memberikan sensasi kenyataan yang lebih kuat karena melibatkan lebih banyak indera yang mendapatkan rangsangan.
Pada awalnya teknologi VR lebih banyak dikembangkan untuk tujuan hiburan ataupun pendidikan, akan tetapi keluwesan teknologi ternyata mampu memberikan efek pada bidang-bidang komersial. Bahkan kini ada hotel yang mengembangkan fitur yang melibatkan teknologi Virtual Reality.
Bagaimana teknologi vr untuk hotel ini mampu terlibat dalam dunia bisnis perjalanan dan pariwisata, menunjukkan bagaimana fleksibel dan luwesnya teknologi VR nantinya dalam kehidupan manusia sehari-hari.
Teknologi VR ternyata bisa dengan mudah dilibatkan dalam aktivitas komersial yang spesifik seperti bisnis hotel dan pariwisata. Pada awalnya mungkin agak sulit untuk bisa memahami dan menerima bagaimana teknologi VR terlibat dalam bisnis perhotelan. Akan tetapi ada 10 alasan mengapa teknologi ini penting untuk dilibatkan dalam bisnis perhotelan yang akan menjawab pertanyaan tentang mengapa dan bagaimana VR bisa terhubung dengan bisnis tersebut.
Salah satu manfaat teknologi vr untuk hotel adalah menjadi bagian dari format iklan. Sudah menjadi hal yang lazim bahwa bisnis perhotelan melibatkan iklan yang memiliki format audio visual. Iklan ini dapat ditayangkan melalui berbagai media seperti televisi ataupun melalui media internet, baik itu ditayangkan melalui suatu kanal ataupun ditayangkan di situs milik hotel tersebut.
Keberadaan konten dengan format VR bisa menjadi daya tarik tersendiri. Sebagai sebuah format teknologi kekinian, citra modern dan kekinian akan bisa melekat pada sebuah hotel yang berani membuat konten iklan dalam format VR.
Daya tarik iklan dalam format VR yang termuat dalam situs ataupun akun sosial media milik hotel akan memiliki potensi dibagikan dan disebarkan oleh khalayak netizen. Potensi yang melekat pada poin ini kadang terlewatkan oleh kebanyakan pelaku bisnis yang belum cukup memahami seluk beluk bisnis online.
Nilai pentingnya teknologi vr untuk hotel adalah berpotensi besar meningkatkan traffic atau lalu lintas kunjungan. Hal ini bisa didapat dari popularitas akibat daya tarik konten VR yang dimiliki sebuah hotel. Popularitas dan traffic merupakan poin penting yang bisa dimanfaatkan dalam pengelolaan situs dan konten, terutama untuk mengelola popularitas di dunia maya. Semakin tinggi traffic yang terjadi juga meningkatkan jumlah peluang untuk terjadi transaksi.
Mengunggah sebuah produk iklan dengan format VR yang tidak biasa juga menunjukkan penghargaan yang dilakukan oleh manajemen hotel terhadap bentuk kreasi atau ciptaan. Aspek inovasi dalam format iklan VR ini bisa menjadi selling point atau daya tarik yang menjual dan mampu menghasilkan benefit ataupun profit.
Setidaknya pelaku industri kreatif yang terkait dengan teknologi VR akan merasa lebih dekat dan turut merasa dihargai ketika ada pelaku bisnis yang berani membuat terobosan tersebut. Karena ketika keputusan tersebut menjadi populer dan banyak diikuti, maka dunia bisnis kreasi konten VR juga akan berkembang.
Konten VR yang berisi kondisi kamar serta situasi di dalam hotel bisa menjadi sarana bagi calon konsumen untuk melihat dan menilai fasilitas dan layanan yang dimiliki oleh sebuah hotel. Penggunaan konten VR untuk hotel sebagai sarana survei ini bisa jauh lebih meyakinkan jika dibandingkan dengan rekomendasi atau sekedar testimoni seseorang.
Calon konsumen yang melakukan survei virtual bisa lebih mudah diyakinkan dan dikonversi menjadi konsumen. Artinya keterlibatan teknologi VR bisa mengundang atau mendorong khalayak untuk kemudian menjadi konsumen hotel tersebut. Dasar pertimbangan yang bisa mendorong membuat keputusan adalah kunjungan virtual yang realistis.
Bagaimana teknologi VR dikembangkan bisa menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Faktor elemen interaktif dari sebuah konten VR sebuah hotel selain memberi informasi yang jelas juga mendongkrak citra hotel tersebut. Elemen ini bisa semakin kuat ketika konten VR dikembangkan dengan melibatkan aktivitas di luar dan di sekitar hotel.
Konten yang menarik dan traffic yang tinggi merupakan peluang lain yang bisa dimanfaatkan dari sudut pandang bisnis di dunia maya. Bagaimana konten tersebut meningkatkan angka kunjungan atau okupansi merupakan dampak berupa pendapatan langsung yang diterima oleh hotel.
Sedangkan traffic yang tinggi di situs, akun media sosial ataupun kanal milik hotel karena unsur konten VR bisa memberikan hasil berupa pendapatan ketika di-monetize secara efektif. Sebuah hotel berpotensi menjual layanan dan konten dalam satu skema bisnis.
Salah satu pemanfaatan yang paling umum dari teknologi VR adalah sebagai hiburan. Konten VR yang ringan dan menghibur bisa menjadi bagian dari pengalaman menarik yang ditawarkan oleh hotel bagi tamu yang menginap. Faktor hiburan berbasis teknologi ini bisa menjadi hal menarik, terutama jika tersedia cukup perangkat untuk mengaksesnya.
Sebuah hotel tidak akan menawarkan atraksi atau kesenangan yang banyak serta kompleks karena bisnis ini terfokus pada layanan akomodasi. Konten VR yang menawarkan dan memperkenalkan atraksi wisata yang ada di sekitar hotel bisa menjadi hal yang sangat menguntungkan.
Konsumen hotel bisa memperoleh referensi atau wawasan mengenai tempat-tempat dan atraksi wisata untuk dikunjungi. Semakin banyak tempat dan atraksi wisata yang menarik minat konsumen hotel untuk dikunjungi akan meningkatkan peluang memperpanjang masa tinggal di hotel tersebut.
Kesan yang positif baik itu berkaitan dengan layanan, fasilitas hingga pengalaman selama tinggal di sebuah hotel bisa meningkatkan engagement dengan konsumen. Hal ini tidak bisa dianggap sepele karena hubungan baik berkat pengalaman menyenangkan yang dialami sendiri bisa mendorong seseorang untuk kembali menggunakan jasa hotel tersebut atau melakukan praktek endorsement tanpa dibayar ketika menceritakan pengalaman menarik selama menghuni sebuah hotel.
Itulah 10 manfaat dan pentingnya teknologi vr untuk hotel karena memiliki beragam manfaat dan profit untuk dimanfaatkan secara komersial. Kejelian memetakan potensi yang mengoptimalkannya bisa menjadi faktor pembeda yang mendorong kesuksesan sebuah hotel sebagai penyedia sarana dalam kegiatan wisata ataupun bisnis.
Setelah mengerti manfaat dan pentingnya menggunakan Jasa virtual tour untuk mendukung kesuksesan bisnis hotel Anda, Anda dapat mulai mencari perusahaan yang menyediakan jasa tersebut dan Pointbox adalah partner yang tepat untuk bisnis Anda.
Pointbox Indonesia menyediakan jasa virtual travel yang dapat membantu Anda untuk merancang, mengukur, memvisualisasikan serta mengelola aset perusahaan Anda kedalam format tiga dimensional (3D) secara akurat, dan interaktif.
Pointbox Indonesia menggunakan alat terkini dari matterport yang telah dikenal di dunia virtual reality. Matterport dapat menvisualisasikan ruangan dalam 3D dengan sangat interaktif. Anda dapat melihat klien-klien yang telah menggunakan jasa pointbox di portofolio pointbox. Hubungi pointbox untuk mendapatkan penawaran terbaik jasa virtual reality lainnya!